Cara Merubah File Jar Java Menjadi Exe


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh…

Zazuli’s Blog –  Mungkin dari temen temen sudah sering kalau hanya sekedar membuat program GUI dengan java menggunakan netbean, dan pastilah hasil kompilasi akhirnya berupa file jar.

Ada beberapa temen saya yang tanya gimana sih cara jadiin file jar menjadi exe?. Mungkin biar bisa dijalanin di windows kali ya,, haha.. Sebenarnya file jar saja sudah bisa dijalankan dengan langsung men-double klik pada filenya, tapi ada syaratnya, ya harus tetep terinstall JVM di komputer tersebut.

Nah pada posting kali ini saya akan share sedikit gimana caranya mengubah/ mengkonversi file jar java menjadi exe, tentunya dengan tool tambahan yang harus temen-temen download. Saya menggunakan software jar2exe untuk merubah jar menjadi exe, kenapa software ini yang saya pilih, karena software ini yang paling gampang digunakan tur ora njelimet ketimbang software lainnya. Nah, berikut caranya :

  • Download Aplikasinya Disini
  • Ektrak di folder temen temen
  • Double klik j2ewiz.exe & akan tampil tampilan seperti dibawah ini
Cara Merubah File Jar Java Menjadi Exe
  • Klik Browse Jar, dan pilih file jar temen temen (jika buatnya di netbean maka file jar ada di folder dist pada project temen temen) lalu klik next.
Cara Merubah File Jar Java Menjadi Exe
  • Pilih “Window GUI Application” trus next.
Cara Merubah File Jar Java Menjadi Exe
  • Akan tampil tampilan seperti dibawah ini, please input the main class to start running ini digunakan untuk memilih file main class, dan select a picture to enable spash window digunakan untuk memilih gambar guna tampilan loading pada saat aplikasi temen2 dimuat/ dijalankan. Nah, jika pada pembuatan project di netbeannya sudah ditentuin file main nya maka otomatis sudah tepilih pada pemilihan file main, spt dibawah ini. Jika belum klik “Select
  • Pilih file main class nya, disini file main class punya saya adalah Run.java pada paket Main, klik “OK” lalu next.
  • Jika aplikasi temen temen suppport system tray atau support system log, silahkan beri centang . lalu klik next.
  • Pilih Library yg dipakai oleh aplikasi temen-temen dengan mengklik “add”.
  • Saya menggunakan 2 library, maka dua duanya dipilih. klik “open” trus “next”
  • Pada langkah ini temen temen bisa mengubah propertis/ deskripsi secara mendetail dari aplikasi temen temen,. dan juga menentukan hasil konversi aplikasi ini akan disimpan di direktori mana. Untuk mengubah deskripsi aplikasi temen temen silah kan klik “Version & messages”
  • Pada tab “Product info” digunakan untuk mengedit icon, dan propertis lainnya, silahkan edit sesuai yang temen temen inginkan.
  • Pada “Custom message” Digunakan untuk mengedit pesan error, jika pada komputer tidak ada JVM, dan beberapa pesan error lainnya.
  • Klik “OK” Lalu next, maka program akan mulai mengkonversi, biasanya proses ini berlangsung sangat cepat, tapi tergantung pada besarnya file jar yang mau diubah ke dalam bentuk exe, juga tergantung pada kecepatan komputer masing masing. Dan aplikasi temen temen sudah terconversi, hasil konversinya ada pada direktori yg sudah temen temen tentuin tadi.
Itu tadi langkah langkah untuk mengubah/ konversi file jar menjadi exe, perlu diingat walaupun sudah jadi exe aplikasi yang temen temen tetap membutuhkan JVM (Java Virtual Machine) yang harus terinstall pada komputer.
Oh iya, jar2exe aslinya merupakan aplikasi berbayar, dan jar2exe yang saya share disini adalah yang versi portable dan gratis digunakan dalam 30 hari, alias trial. kalau ingin yang full version ya temen temen beli lisensinya,. hehe.
Sekian postingan kali ini tentang cara mengubah file jar menjadi exe, semoga bermanfaat. Jika ada salah kata mohon maaf, jika ada pertanyaan/ ataupun pernyataan silahkan layangkan di kolom komentar.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakaatuh.

Tinggalkan komentar